Pengobatan Dan Alhikmah Ilmu Banten
Pengertian Qidam Menurut Sifat-Sifat 20 Allah Reviewed by Rama Banten RB on 02:14 Rating: 4,8

Pengertian Qidam Menurut Sifat-Sifat 20 Allah

Pengertian Qidam Menurut Sifat-Sifat 20 Allah


Qidam (dahulu) adalah sifat Salbiyyah, yaitu sifat yang digunakan untuk meniadakan sesuatu yang tidak layak bagi Allah. Sifat qidam artinya sifat yang mencabut atau menolak adanya permulaan wujud Allah. Dalam arti lain bahwa Allah itu berada tanpa adanya permulaan. Sebagai Dzat yang menciptakan seluruh alam, Allah pasti lebih dahulu sebelum ciptaan-Nya.

Kebalikannya adalah huduts (Baru) yaitu mustahil Allah itu baru dan memiliki permulaan. Allah itu dahulu tanpa awal, tidak berasal dari ”tidak ada” kemudian menjadi ”ada”. 

Allah berfirman:  Dialah Yang Awal dan Yang Akhir, Yang Lahir dan Yang Bathin dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu (Al Hadiid:3)


Allah adalah Pencipta segala sesuatu. Allah yang menciptakan langit dan bumi serta seluruh isinya termasuk tumbuhan, binatang, dan juga manusia. Allah adalah awal. Dia sudah berada sebelum langit, bumi, tumbuhan, binatang, dan manusia lainnya ada. Tidak mungkin Allah itu baru ada atau lahir setelah makhluk lainnya ada. Adanya Allah berbeda dengan adanya alam semesta beserta isinya. Perbedaan tsb terdapat pada kejadian dan prosesnya. 

Kita ambil contoh: Adanya manusia didahului oleh proses perkawinan. Terjadinya hujan karena didahului dengan proses penguapan air laut. Dan adanya seluruh alam semesta didahului oleh proses terjadinya alam tersebut. Tapi Allah berbeda dengan alam semesta ini, tidak didahului oleh sebab-sebab tertentu, karena Allah dzat yang paling awal. Allah adalah pencipta alam semesta, mustahil alam semesta lebih dulu ada dari Allah. Semoga Bermanfaat...

Newer post Older post Home